Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak

Dijaman sekarang ini para pelajar Indonesia di beri banyak pilihan untuk melanjutkan ke Sekolah Menengah Atas setelah lulus dari SMP, seperti SMA, SMK ataupun MA. Namun kebanyakan pelajar lebih memilih melanjutkan ke SMK karena beberapa alasan seperti Hobi, ekonomi, maupun alasan lainnya. kali ini saya akan membahas tentang salah satu jurusan yang ada di SMK yaitu RPL ( Rekayasa Perangkat Lunak )


                    Rekayasa perangkat perangkat lunak merupakan salah satu jurusan di SMK dalam bidang ilmu komunikasi dan informatika terkhusus pada pemrograman komputer dan pemahaman pada bahasa pemrograman. kebanyakan siswa yang memilih jurusan ini tertarik pada dunia pembuatan aplikasi pada komputer tetapi ada juga yang tertarik karena ingin mendalami dunia  cracking dan hacking.
                   Di jurusan RPL banyak sekali pelajaran yang diajarkan mengenai komputer. berikut beberapa mata pelajaran yang diajarkan di jurusan RPL :
              1. Pemrograman Dasar
Pemrograman dasar merupakan suatu mapel yang membahas tentang bahasa pemrograman seperti C++, maupun bahasa pmrograman lainnya. pemrograman dasar termasuk dalam golongan C1, ini berarti diajarkan di seluruh jurusan mengenai ilmu komunikasi dan informatika lainnya.
             2. Sistem Komputer
pada mata pelajaran sistem komputer siswa diajarkan mengenai bagaimana suatu komputer bekerja, dan mengenai perangkat perangkat yang diperlukan agar suatu komputer dapat menyala dengan sempurna. Di mata pelajaran ini pula diajarkan mengenai perangkat-perangkat komputer terbaru dan perkembangannya.
            3. pemrograman WEB
pemrograman WEB membahas tentang semua yang berhubungan dengan sautu WEB baik itu tampilan, fitur dan sebagainya. sebagaian besar siswa menyukai mata pelajaran ini karena cukup menarik dalam pembelajarannya.
          4. Sistem Operasi
Sistem operasi merupakan pelajaran yang menyangkut tentang operating system baik yang close source seperti windows maupun open source seperti Linux. para siswa diajarkan bagaimana cara menginstal suatu sistem operasi ke sebuah komputer, cara untuk mendetksi kerusakan software, menginstal aplikasi dan  beberapa hal lain yang bersangkutan dengan sistem operasi.
       5. Jaringan Dasar
jaraingan dasar adalah salah satu mapel yang mengajarkan suatu jaringan komputer seperti LAN, MAN, WAN , Wireless maupun jaringan internet. jaringan dasar juga mengajarkan perangkat peerangkat yang diperlukan untuk mebuat suatu jaringan komputer.
      6. perakitan komputer
perakitan komputer mengajarkan kepada siswa cara merakit komputer dari mulai CPU, monitor dan beberapa bagian lainnya yang mendukung beroperasinya suatu komputer.
6 hal di atas merupakan hal yang perlu di pelajari untuk dapat menjadi seorang ahli komputer handal sejak dini. di harapkan siswa dapat mengetahui semua hal tentang komputer.


         

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »